Kamis, 24 Januari 2013

Uang



Uang

Uang merupakan alat pembayaran yang sah. Satuan mata uang Negara Indonesia adalah Rupiah (Rp). Tiap-tiap negara mempunyai mata uang yang berbeda-beda.
  A.  Sejarah Uang
Sebelum ada uang, orang melakukan jual beli tidak menggunakan uang. Tetapi jual beli dengan cara menukar barang.jual beli dengan tukar menukar barang disebut barter.
Pada zaman dahulu  untuk memperoleh barang yang diinginkan orang menukarnya dengan suatu benda yang mempunyai nilai. Suatu benda sebagai alat tukar yang sah harus mempunyai cirri-ciri sebagai berikut:
a.    Diterima semua orang
b.    Tidak mudah rusak
c.    Mudah dibawa
d.   Dapat dibagi-bagi
Berdasarkan pemikira diatas, orang mulai membuat uang dari benda berharga misalnya emas dan perak. Uang koin pertama dibuat oleh bangsa Lydia sekitar 560 SM. Uang dijadikan sebagai alat tukar atau alat pembayaran yang sah. Untuk mendapatkan barang orang harus membayar dengan uang. Setiap negara mempunyai mata uang yang berbeda-beda. Uang di Indonesia satuannya adalah Rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Masing-masing mata uang mempunyai nilai tukar terhadap rupiah, yang disebut kurs. Kurs adalah perbedaan nilai tukar mata uang suatu negara dengan negara lain.

  B.   Jenis-jenis Uang
Uang yang beredar di masyarakat terdiri dai dua jenis, yaitu uang kartal dan uang giral.
a.    Uang kartal
Uang kartal adalah uang yang langsung dapat digunakan untuk membayar dalam jual beli dan telah tertera harganya. Uang kartal terdiri atas uang kertas dan uang Logam
1.    Uang Kerats
Kelebihan Uang kertas yaitu mudah dibawa kemana-mana karena ringan, sedangkan kekurangannya yaitu uang kertas mudah rusak.



Ciri-ciri uang kertas Indonesia:
1.    Terbuat dari kertas
2.    Berbentuk persegi panjang
3.    Memiliki sisi depan dan sisi belakang
4.    Terdapat tulisan Bank Indonesia
5.    Terdapat nomor seri
6.    Tercantum angka nominal
7.    Terdapat burung garuda
8.    Ada tahun pembuatan
9.    Ada tanda tangan Dewan Gubernur Bank Indonesia

2.    Uang Logam
Selain uang kertas, di Indonesia juga ada uang logam. Uang logam mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya dalah jika dibawa sangat berat, makin banyak nilainya makin berat lagi. Sedangkan kelebihannya adalah uang logam bisa tahan lebih lama.






Cirri-ciri uang Logam:
1.    Terbuat dari logam alumunium, perak, dan ada yang dialpisi emas
2.    Terdapat tulisan nominal uang
3.    Uang berbentuk bundar atau lingkaran
4.    Terdapat tulisan tahun pembuatan
5.    Terdapat lambing negara RI yaitu burung garuda
6.    Terdapat gambar flora fauna, atau kebudayaan lainnya
7.    Sisi lingkaran timbul

b.    Uang Giral
Uang giral adalah alat pembayaran dalam bentuk surat-surat berharga atau surat-surat penting. Uang giral tidak bisa langsung digunakan untuk pembayaran. Bila akan digunakan harus ditukarkan terlebih dahulu ke bank.
Contoh uang giral adalah cek, giro, wesel, dan polis.





Gambar Cek                                        



gambar Giro



              Gambar Wesel

Alat pembayaran selain uang, anatara lain:

a.    Kartu kredit
Kartu kredit adalah kartu hutang, pemakai harus mengembalikan uang yang telah digunakan ke bank, dengan disertai bunganya. Kartu kredit dapat digunakan ke toko-toko bertanda khusus. Kartu kredit dibuat oleh bank.

b.    Kartu debit
Kartu debit seperti kartu kredit, bedanya kalau kartu debit kita sudah mempunyai uang di bank. Jiak kita menabung di bank akan dibuatkan kartu untuk mengambil uang, bank akan membuatkan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kartu ini nantinya akan digunakan untuk mengambil uang.

          Gambar kartu Kredit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar